Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Lengkap Wireles Network Dan Jenisnya

Selamat datang kita kali ini akan membahas tentang pengertian Wireles Network, untuk saat ini jaringan tanpa kabel tersebut banyak digunakan sebagai penghubung yang lebih efisein daripada menggunakan kabel, bisa dikatakan tidak mengeluarkan biaya lebih hanya menghubungkan melalui jaringan dengan jarak dekat dan jauh.

Terlebihnya menggunakan jaringan Wireles Network ini kalian hanya menggunakan dengan komunikasi lewat satelite yang akan memberikan jaringan internet. Dalam hal ini jaringan yang kita gunakan yaitu ISP (Internet Service Provider).

Jenis Wireles Network 

 Untuk lebih jelasnya jenis Wireles Network terbagi beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

Jaringan WLAN Dan MAN 


Untuk saat ini jaringan Wireles Network (Local Area Network) LAN  ini memiliki akses jaringan yang lebih luas, karena meskipun tidak menggunakan kabel hanya memberikan akses jaringan internet yang akan dapat menghubungkan ke jaringan smartphone dan terhubung ke PC, Serta memiliki kinerja yang lebih cepat dan tetap optimal untuk jaringannya ketika anda tehubung ke jaringan internet.

Sedangkan untuk Wireles Metropolitan Network memiliki luas dengan jarak 50 meter dengan tanpa adanya kabel seperti kantor dan lab serta jaringan lokal lainnya. Untuk kecepatannya hingga 50 Mbps dengan komponen Acces point, WLAN Interface, LAN Card, smartphone dan laptop dan dengan di dukung tekhnologi IEE 802.11 a/b/g/ WiFi atau hotspot.

Jaringan ISP 

Untuk jaringan ISP (Internet Service Provider) jaringan ISP ini mengirimkan jaringan internet ke PTS yang terdapat akses point. atau pemancar dip PTS tersebut. Kemudian akses poin tersebut langsung terhubung ke smartphone atau ke PC anda. 

Jaringan WPAN 

Untuk jaringan Wireles PAN ini yaitu jaringan yang paling sempit. Untuk jaraknya hanya dengan ukuran 20 meter saja. Dalam kecepatannya mencapai 2 Mbps saja, serta dapat mensuport PDA mobile, PC, dan smartphone. Terlebihnya lagi dapat terhubung dengan printer, headset, dan perangkat komputer dengan di dukung tekhnologi inframerah, dan radio frekuensi Bluetooth.

Jaringan WAN 

Jaringan Wireles WAN ini dapat menjangkau cakupan area yang lebih luas serta bisa mapu berkoneksi antar wilayah bahkan global. Dengan menempuh jarak 50 meter antar kota dan wilayah, serta memiliki kecepatan 100 Mbps dengan mengkoneksi Point to point dan Multipoint dengan paket switching dan sirkuit switching dengan teknologi 4G, FDMA, CDMA, dan TDMA.

Kesimpulan 

Jika kita melihat tekhnologi saat ini memang banyak mengalami perubahan yang disignifisikan karena untuk era modern teknologi semakain berkembang jauh lebih pesat. Serta mampu membuat kita lebih hemat tanpa membeliu kabel lagi hanya mengaktifkan seperti Bluetooth, WIFI, dan hotspot akan memebrikan kenyamanan untuk bagi pengguna smartphone dan PC. Terima kasih semoga bermanfaat.